Selasa, 24 Maret 2015

Mengamati Protista Mirip Hewan dan Tumbuhan

I. Title of the experiment:
"Mengamati Protista Mirip Hewan dan Tumbuhan"

II. Objectives:
- Mengamati protozoa secara langsung dengan mikroskop.
- Mengamati ganggang (algae) secara langsung menggunakan mikroskop.
- Melihat struktur - struktur protozoa dan algae secara langsung.
- Melihat makhluk hidup yang berukuran mikroskopis menggunakan mikroskop.

III. Theoretical Framework:


                Protista adalah mikroorganisme eukariota yang bukan hewan, tumbuhan, atau fungus. Mereka pernah dikelompokkan ke dalam satu kerajaan bernama Protista, namun sekarang tidak dipertahankan lagi. Penggunaannya masih digunakan untuk kepentingan kajian ekologi dan morfologi bagi semua organisme eukariotik bersel tunggal yang hidup secara mandiri atau, jika membentuk koloni, bersama-sama namun tidak menunjukkan diferensiasi menjadi jaringan yang berbeda-beda. Dari sudut pandang taksonomi, pengelompokan ini ditinggalkan karena bersifat parafiletik. Organisme dalam Protista tidak memiliki kesamaan, kecuali pengelompokan yang mudah—baik yang bersel satu atau bersel banyak tanpa memiliki jaringan. Protista hidup di hampir semua lingkungan yang mengandung air. Banyak protista, seperti algae, adalah fotosintetik dan produsen primer vital dalam ekosistem, khususnya di laut sebagai bagian dari plankton. Protista lain, seperti Kinetoplastid dan Apicomplexa, adalah penyakit berbahaya bagi manusia, seperti malaria dan tripanosomiasis.


IV. Apparatus and Materials:
-Sampel Amoeba
-Sampel Balantidium
-Sampel Trypanosoma WM
-Sampel Paramecium WM
-Sampel Opalina
-Sampel Vorticella WM
-2 buah pipet tetes
-Air kolam yang mempunyai ganggang
-Ekstrak klorofill
-Kaca penutup (Cover glass)
-Kaca object (Objek glass)
-Mikroskop cahaya

V. Procedures:
-  Ambillah sampel Amoeba, Balantidium, Trypanosama WM, Paramecium WM, Opalina dan Vorticella WM dari rak sitologi dan histologi.
- Siapkan mikroskop dan letakkan objek tersebut diatas mikroskop.
- Setellah sampai protista tersebut dapat terlihat struktur - strukturnya dengan jelas.
- Protista sudah dapat diamati.


VI. Result:

Protista Mirip Hewan







Protista Mirip Tumbuhan

Ekstrak Klorofil



Setelah kami amati menggunakan mikroskop,protista yang kami amati tersebut terlalu kecil untuk dilihat dengan mata, bentuk dan warnanya juga berragam - ragam. Dari eksperimen yang telah kami lakukan ini, terbukti bahwa ganggang dan protozoa mempunyai struktur sel yang kecil - kecil.


VII. Discussions

Secara teori, protozoa mempunyai ukuran tubuh 0,01-0,5 mm. Hal tersebut dapat dilihat dari kami harus menggunakan mikroskop untuk melihat lebih detail. Contohnya seperti Balantidium diatas, dimana kami harus menggunakan mikroskop untuk melihatnya. Dari eksperimen ini, dapat kami simpulkan bahwa kami membutuhkan mikroskop untuk melihat ke struktur struktur protozoa dan protista mirip tumbuhan. 
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Protist_collage.jpg
VIII. Conclusions:

Setelah menyelesaikan eksperimen ini, dapat kami simpulkan bahwa struktur Protista mirip hewan atau protozoa tidak sama dengan protisita mirip tumbuhan.

IX. References:

http://id.wikipedia.org/wiki/Protista
http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Protist_collage.jpg

Deliserdang, 16 February 2015
Subject Teacher,                                                                                                     Student,             


(..........................)                                                                                  (Class of 10A Chandra Kusuma)






Tidak ada komentar:

Posting Komentar