Senin, 11 April 2016

Hari Pertama di Sipolha (Kelompok 4)

Hari ini pada tanggal 6 April 2016 merupakan hari yang sangat berkesan bagi kami  karena hari ini kami berkunjung ke Sipolha. Dalam perjalanan ke Sipolha, kami singgah di rumah makan beringin yang terletak di Siantar. Di sana kami makan siang nasi dengan lauk ayam goreng dan daun ubi. Rumah makan tersebut dominan dengan burung goreng, namun yang kami pesan ayam goreng. Apa bedanya…

Setelah makan siang kami melanjutkan perjalanan menuju Sipolha melalui danau dengan kapal ferry. Pada saat kami sampai di Sipolha, kami disambut oleh banyak sekali warga Sipolha dengan hangat dan ramah. Sampai di Sipolha kami membawa bawaan kami ke rumah penduduk, tempat kami menginap dan kami lanjutkan dengan briefing singkat. Setelah itu, pak Feri mangajak kami ke kebun kemiri untuk membantunya memanen. Sewaktu kami sendang memanen kemiri, tiba-tiba hujan gerimis turun tidak memberi kami pilihan selain kembali ke rumah (ini selalu terjadi saat kami field trip T-T). Karena tidak dapat melanjuti kegiatan panen kemiri, kami menggantikan kegiatan tersebut dengan mendaki bukit yang berada di dekat desa. Kami banyak mengambil gambar (foto) pemandangan dan beberapa foto kelompok. Lalu kami membagi sembako kepada penduduk-penduduk Sipolha dan kembali beristirahat.

Buah kemiri
Anak - anak Desa Sipolha menyambut dengan ramah
Selagi beristirahat, sebagian dari kami menggunakan kesempatan tersebut untuk mandi. Kami menentukan urutan mandi dengan menggunakan undian kartu bridge yang kebetulan kami bawa. Yang mendapatkan kartu As mandi petama dan yang mendapatkan kartu King mandi terakhir. Setelah mandi, kami masih ada waktu untuk beristirahat dan menggunkannya untuk bermain kartu dan untuk sebagian yang tidak bermain kartu, mendengarkan lagu dan bermain dengan anak-anak yang mengunjungi.

Sekitar jam 8 malam, kami makan malam bersama di rumah pak Feri. Kami memulai dengan doa dan membagikan nasi dengan lauk ikan dan daun ubi kepada semua orang yang berada di rumah pak Feri. Kami mengakhiri malam ini dengan perut kenyang dan suasana hangat kekeluargaan.